Pada tanggal 17 Oktober 2024 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang (FEB UNP) mengadakan kegiatan diskusi ilmiah dengan Universiti Utara Malaysia (TISSA-UUM) yang bertempat di Ruang Sidang Lantai 2 FEB UNP. Kegiatan ini diikuti oleh sivitas akademika FEB UNP termasuk dosen-dosen yang mengajar di Program Studi Diploma 3 Akuntansi, Strata 1 Akuntansi dan Strata 2 (Program Master) Akuntansi.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FEB UNP Prof. Perengki Susanto, SE, M.Sc, Ph.D dan yang bertindak sebagai narasumber untuk kegiatan diskusi dengan Departemen Akuntansi adalah Tuanku Puteri Intan Safinaz dari Scholl of Accountancy Univesiti Utara Malaysia dan berlansung sejak jam 08.30 hingga 17.00 WIB. Kegiatan berlangsung dalam bentuk pemaparan dan diskusi terkait dengan kurikulum pada masing-masing baik di Departemen Akuntansi FEB UNP maupun UUM Malaysia, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi tentang rencana kegiatan kolaborasi penelitian di bidang akuntansi antar kedua perguruan tinggi.

Manfaat diskusi kurikulum dan penelitian sangat penting dalam konteks pendidikan dan pengembangan akademik. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan ini adalah:
Pemecahan Masalah Pendidikan yang Nyata: Melalui diskusi yang mendalam, masalah-masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum dapat diidentifikasi dan diselesaikan dengan solusi berbasis penelitian.
Peningkatan Mutu Pendidikan: Diskusi mengenai kurikulum membantu memastikan bahwa kurikulum selalu relevan dan selaras dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan ilmu pengetahuan. Penelitian yang mendasari diskusi ini memberikan wawasan berdasarkan data dan analisis yang mendalam.
Penyesuaian dengan Perkembangan Zaman: Kurikulum perlu terus diperbarui agar sesuai dengan perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, dan kebutuhan masyarakat. Diskusi yang didukung penelitian dapat membantu dalam identifikasi tren baru dan memasukkannya ke dalam pembelajaran.
Inovasi dalam Pengajaran: Melalui diskusi, pengajar dan akademisi dapat berbagi temuan dari penelitian terbaru yang dapat diterapkan dalam metode pengajaran, sehingga meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.
Penguatan Keterkaitan antara Teori dan Praktik: Penelitian memungkinkan adanya pembuktian empiris terhadap teori yang diajarkan dalam kurikulum. Diskusi tentang hasil penelitian dapat menekankan pentingnya menghubungkan teori akademik dengan praktik dunia nyata.
Penyesuaian dengan Standar Nasional dan Internasional: Diskusi kurikulum seringkali mencakup evaluasi keselarasan dengan standar pendidikan nasional atau internasional. Penelitian dapat memberikan data yang diperlukan untuk memastikan bahwa kurikulum yang digunakan sejalan dengan standar tersebut.
Peningkatan Kolaborasi Antar Lembaga: Diskusi kurikulum dan penelitian sering melibatkan berbagai pihak, seperti universitas, industri, dan pemerintah. Ini membuka peluang kolaborasi yang dapat memperkuat hubungan antara akademisi dan praktisi.

Kegiatan ini diharapkan juga dapat memberikan efek yang positif untuk semua dosen Departemen Akuntansi FEB UNP dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi baik di bidang pendidikan pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan diskusi ini ditutup dengan foto bersama dan penyerahan cindera mata yang diserahkan oleh Dekan FEB UNP didampingi oleh Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Ketua Departemen Akuntansi serta peserta yang ikut dalam kegiatan.