UNIVERSITAS NEGERI PADANG FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DIPLOMA III AKUNTANSI

PERLUAS NETWORK UNTUK MBKM, PRODI D3 AKUNTANSI JALIN KERJA SAMA DENGAN BULOG KANWIL SUMATERA BARAT

Kerjasama dengan  pihak eksternal. sangat membantu perguruan tinggi dalam menyukseskan Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM). Kerjasama antar perguruan tinggi merupakan upaya memecahkan isolasi institusional yang dihadapi perguruan tinggi, baik pada level lokal, regional, nasional, maupun internasional, utamanya dalam upaya peningkatan mutu akademik masing-masing perguruan tinggi. Lingkup kerjasama tersebut mencakup banyak bidang yang tentunya dalam mendukung peningkatan serta pencapaian Tridharma Perguruan Tinggi. Untuk mendukung terwujudnya peningkatan Universitas Negeri Padang menjadi sebuah lembaga/institusi pendidikan menjadi sarana penyaluran aspirasi masyarakat dalam melahirkan insan-insan penerus bangsa yang siap mengisi pembangunan, maka hubungan kerjasama antar perguruan tinggi mutlak diadakan demi terwujudnya pengembangan sumber daya masing-masing Perguruan Tinggi.

Program Studi Diploma 3 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang (FEB UNP) terus berupaya untuk meningkatkan kualitas baik dibidang akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan memperluas jaringan kerjasama dengan institusi di luar kampus baik pihak swasta maupun organisasi sektor publik. Manfaat hubungan kerjasama kampus ini dapat meningkatkan mutu akademik prodi perguruan tinggi, dapat meningkatkan kapabilitas kelembagaan dalam mewujudkan visi dan misi, serta dengan adanya kerjasama ini dapat dilihat apakah perguruan tinggi tersebut mampu atau tidak berhubungan baik dengan mitra, dan keterlibatan mitra kerjasama penting dalam peningkatan kualitas proses dan hasil  pendidikan. Peran mitra kerjasama dalam perancangan kurikulum yang lebih dekat dengan praktik dunia usaha dan industri, serta keterlibatan dalam proses pendidikan dalam pembelajaran berbasis praktik untuk menghasilkan lulusan yang berdaya guna. Selain itu manfaat dari hubungan kerjasama kampus bagi mahasiswa untuk pengembangan pengetahuan akademis dan penalaran, keterampilan teknis dan non teknis mahasiswa dan mengetahui detail tentang standar kerja profesional.

Koordinator Prodi Diploma 3 Akuntansi beserta Kordinator Prodi D3 Manajemen Perdagangan dan Koordinator Prodi D3 Manajemen Pajak, pada tanggal 4 April 2024 melakukan kunjungan ke Kantor BULOG KANWIL SUMATERA BARAT dalam rangka merealisasikan kerjasama kemitraan antara Prodi D3 Akuntansi, Prodi D3 Manajemen Perdagangan dan D3 Manajemen Pajak dengan Kanwil Bulog Provinsi Sumatera Barat.  Ruang Lingkup Perjanjian Kerja Sama ini meliputi:1).Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.2). Program Magang Mahasiswa 6 Bulan, 3).Pengembangan Kurikulum dan 4). Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kerjasama antara perguruan tinggi dan industri sangat penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan berkualitas. Perguruan tinggi memiliki tugas besar dalam memberikan pendidikan dan penelitian yang berkualitas, serta mempersiapkan lulusan yang siap bekerja dan memahami dunia industri. Sementara industri memiliki tanggung jawab untuk membantu menciptakan lapangan kerja dan memperkuat ekonomi negara.

Melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka, perguruan tinggi dan industri bisa bekerjasama dalam memperkuat program pendidikan dan penelitian, mempromosikan inovasi dan penerapan teknologi terbaru, serta mempersiapkan lulusan yang siap bekerja dan memahami dunia industri. Ini akan membantu meningkatkan daya saing lulusan dan mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin di masa depan.

Scroll to Top