UNIVERSITAS NEGERI PADANG FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DIPLOMA III AKUNTANSI

SUKSESKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) PRODI DIPLOMA 3 REVITALISASI KURIKULUM

Program Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk terjun secara langsung ke dalam berbagai bidang pekerjaan. Sehingga secara tidak langsung, hal ini akan mempengaruhi pola pikir, kepribadian dan juga keterampilan sosial mereka. Secara sederhana, Kampus Merdeka (MBKM) adalah sebuah inovasi yang dibuat oleh Kemendikbudristek agar dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi yang pesat. Program ini sudah diluncurkan oleh Kemendikbudristek sejak akhir Januari 2020.

Pada dasarnya, tujuan adanya program Kampus Merdeka (MBKM) adalah menyiapkan lulusan Perguruan Tinggi yang memiliki soft skills maupun hard skills yang matang dan relevan dengan kebutuhan zaman. Dengan begitu, angka sarjana yang menganggur di Indonesia dapat berkurang.Kampus Merdeka (MBKM) juga bertujuan untuk menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Lebih lanjut, tujuan lainnya dari program Kampus Merdeka (MBKM) adalah dapat memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan passion dan bakatnya melalui program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel.

Program Studi Diploma 3 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang (FEB UNP) yang memiliki visi Menjadi Program Studi Diploma Akuntansi yang Menghasilkan Lulusan Ahli Madya Akuntansi Berbasis International Best Practice dan Sustainability dan memiliki misi:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas internasional di bidang ilmu akuntansi;
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif dan publikasi global di bidang akuntansi;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk memecahkan masalah dan berkontribusi bagi perkembangan ekonomi dan bisnis khususnya akuntansi;
  4. Menerapkan tata kelola program studi kelas dunia;
  5. Melaksanakan kerjasama berskala nasional dan internasional.

Pada tanggal 16 April 2024, Koordinator Program Studi Diploma 3 Akuntansi FEB UNP melakukan rapat dengan dosen Diploma 3 Akuntansi FEB tentang rencana untuk melakukan revitalisasi kurikulum Program Studi Diploma 3 FEB UNP yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Pasca Sarjana lantai 1 Gedung FEB UNP dimulai dari jam 08.00 sampai jam 12.00 WIB. Rapat tersebut menyepakai untuk membentuk Tim Task Force  Revitalisasi Kurikulum Program Studi Diploma 3 FEB UNP dan akan disepakati secara maraton untuk melaksanakan kegiatan diskusi dalam Tim Task Force Revitalisasi Kurikulum FEB UNP.

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih sepadan dengan kebutuhan zaman. Link and match tidak saja dengan dunia industri dan dunia kerja tetapi juga dengan masa depan yang berubah dengan cepat. Perguruan Tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan.

Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Salah satu program utama yaitu hak belajar tiga semester di luar program studi. Mahasiswa diberikan kebebasan mengambil SKS di luar program studi, tiga semester yang di maksud berupa 1 semester kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi dan 2 semester melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Berbagai bentuk kegiatan belajar di luar perguruan tinggi, di antaranya melakukan magang/ praktik kerja di Industri atau tempat kerja lainnya, melaksanakan proyek pengabdian kepada masyarakat di desa, mengajar di satuan pendidikan, mengikuti pertukaran mahasiswa, melakukan penelitian, melakukan kegiatan kewirausahaan, membuat studi/ proyek independen, dan mengikuti program kemanusisaan. Semua kegiatan tersebut harus dilaksanakan dengan bimbingan dari dosen. Kampus merdeka diharapkan dapat memberikan pengalaman kontekstual lapangan yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa secara utuh, siap kerja, atau menciptakan lapangan kerja baru.

Scroll to Top