UNIVERSITAS NEGERI PADANG FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DIPLOMA III AKUNTANSI

PKM Peningkatan Literasi Keuangan Bundo Kanduang Di Air Tawar Barat Melalui Pembukuan Sederhana Dan Perencanaan Keuangan Yang Baik Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga

Pada hari Kamis tanggal 8 Agustus 2024 bertempat di Kantor Lurah Air Tawar Barat Kota Padang Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang (PKM UNP) yang terdiri dari  Salma Taqwa, S.E, M.Si, Vita Fitria Sari, S.E, M.Si dan Silvi Delfiani, S.E, M.M, melaksanakan kegiatan pelatihan dengan topik Peningkatan Literasi Keuangan Bundo Kanduang Di Air Tawar Barat Melalui Pembukuan Sederhana Dan Perencanaan Keuangan Yang Baik Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga dan dibuka secara resmi oleh Lurah Air Tawar Barat Kota Padang. Objek dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah organisasi Bundo Kanduang di Kelurahan Air Tawar Barat yang memiliki peran sebagai penjaga rumah gadang yang bertanggung jawab atas rumah gadang, harta pusako tinggi, dan juga menjadi simbol bagi kaumnya.

Kegiatan ini diangkat dari hasil SNLIK 2022 yang menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68%, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03%. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan angka literasi keuangan mencapai 65% pada tahun 2027 mendatang. Berdasarkan infografis hasil survei nasional tahun 2022 (Otoritas Jasa Keuangan, 2022) data literasi keuangan di Provinsi Sumatera Barat baru mencapai 40,78% masih jauh dibawah rata-rata nasional dan menempati urutan No.3 terbawah untuk pulau Sumatera sehingga masih sangat diperlukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan literasi keuangan di Sumatera Barat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan menfokuskan pada literasi keuangan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga mengingat banyak permasalahan keuangan pada rumah tangga karena kesalahan dan kurangnya pengetahuan ibu rumah tangga dalam pengelolaan keuangan rumah tangga.

Metode pendekatan yang dilakukan adalah dalam kegiatan PKM ini adalah (1). Capacity Building yakni kemampuan Bundo Kanduang di Kelurahan Air Tawar barat sebagai pengelola keuangan rumah tangga dalam melakukan pembukuan sederhana terkait penerimaan dan pengeluaran rumah tangga, (2). Workshop yakni pendampingan perencanaan keuangan rumah tangga yang berkualitas. Jumlah peserta kegiatan berjumlah 30 orang dan sebagai narasumber adalah Halkadri Fitra, SE, MM, Ak dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top