UNIVERSITAS NEGERI PADANG FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DIPLOMA III AKUNTANSI

PKM Dosen Prodi D3 Akuntansi FEB UNP di Nagari Dalko Kabupaten Agam

Pada tanggal 5 dan 6 Juli Tim Dosen Departeman Akuntansi FEB UNP yang terdiri atas Halmawati, SE, M.Si dan Halkadri Fitra, SE, MM, Ak berserta Dr. Al Rafni, M.Si (Dosen Fakultas Ilmu Sosial UNP) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Judul PKM Peningkatan Income Generating Melalui Kreativitas Pengolahan Eceng Gondok Oleh KUB Sadama di Nagari Dalko, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam yang bertempat di Kantor Wali Nagari Dalko.

Pengabdian kepada masyarakat ini di latar belakangi oleh masalah yang dihadapi mitra yaitu KUB SADAMA yang aktif secara ekonomi dibidang produksi anyaman eceng gondok. Dalam menjalankan usaha, mereka terkendala kurangnya pengetahuan terkait pemanfaatan eceng gondok menjadi produk yang memiliki nilai jual, produk yang dihasilkan masih terbilang sederhana dan ketinggalan zaman dikarenakan kurangnya
pengetahuan dan kreativitas dalam mengembangkan produk menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Kualitas produk yang dihasilkan belum sesuai dengan standar pasar sehingga menyebabkan kurangnya minat masyarakat untuk membeli produk ini. Dilihat dari prospeknya, usaha yang digagas oleh KUB SADAMA cukup menjanjikan untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga pengrajin, didukung pula oleh lokasi daerah Sumatera Barat yang menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.Untuk itu seyogyanya anggota KUB Sadama memperoleh bimbingan dan arahan dari berbagai pihak khususnya LP2M UNP. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan kegiatan PKM dengan memprioritaskan agar pelaku usaha mampu meningkatan kreativitas dan inovasi dalam memproduksi dan penjualan produk.

Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan metode tanya jawab, diskusi dan resitasi. Proses pembimbingan dilakukan pada khalayak sasaran KUB SADAMA sebanyak 25 orang. Kegiatan diarahkan pada pemberian pengetahuan dan ide-ide kreatif yang bisa mereka manfaatkan dalam mengolah eceng gondok. Praktik anyaman eceng gondok yang kreatif, inovatif, dan kekinian. Selain itu, mengarahkan masyarakat untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan standar pasar sehingga menarik minat konsumen yang dapat menambah income generating pengrajin. Produk yang dihasilkan dari KUB SADAMA dibuat secara berkala tanpa bergantung pada pesanan dari pelangganan yaitu berupa produk anyaman eceng gondok seperti tas belanja, kotak tisu, dan keranjang buah. Bahan baku menggunakan eceng gondok yang berasal dari Danau Maninjau.

Luaran dari kegiatan ini berupa masyarakat termotivasi menjadi wirausahawan dengan memanfaatkan eceng gondok menjadi produk kreatif dan inovatif yang memiliki nilai jual, seperti produk walldecor hiasan cermin aesthetic, dan video kegiatan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top